Sejarah STIE Pembangunan

Kota Tanjungpinang sebagai ibu kota Propinsi Kepulauan Riau, memiliki peranan yang cukup besar dalam menunjang pembangunan Propinsi Kepulauan Riau khususnya dan pembangunan Nasional pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan Propinsi Kepri mempunyai potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia masih belum dimanfaatkan dan diolah sepenuhnya dalam pelaksanaan pembangunan.

Dengan pertimbangan akan terjadinya perkembangan pembangunan yang lebih  pesat  disegala  sektor  yang  akan  membutuhkan  tenaga-tenaga muda yang profesional pada masa-masa yang akan datang, maka Yayasan Pembangunan Pendidikan Kejuruan (YPPK) Tanjungpinang, yang selama ini telah mengelola Pendidikan Menengah Kejuruan yaitu SMK Pembangunan yang terletak di Jalan Raja Haji Fisabilillah No. 34 Km.5 Tanjungpinang, membulatkan tekad dengan menyelenggarakan pendidikan yang lebih luas namun tetap bermutu.

Bertitik tolak pada hal tersebut diatas, maka pada awal tahun 1997 dimulailah persiapan dan penjajakan untuk mendirikan sebuah Akademi dengan program Diploma III Akuntansi dengan segala persyaratan yang ditentukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, melalui Koordinator Kopertis Wilayah X Sumbar – Riau – Jambi yang berkedudukan di Padang, dengan segala usaha yang tidak mengenal lelah, para pengurus YPPK Tanjungpinang, perjuangan tersebut telah menampilkan hasil, pada awal tahun 1998 tepatnya pada bulan Pebruari 1998 persetujuan Pendirian Akademi dengan Program Diploma III Akuntansi dapat disetujui oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 10/D/O/1998 tanggal 23 Pebruari 1998 dengan status terdaftar, melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X Padang.

Atas musyawarah Pengurus Yayasan Pembangunan Pendidikan Kejuruan (YPPK) Tanjungpinang, maka Akademi yang keberadaannya telah diakui oleh Mendikbud RI melalui Surat Keputusan No. 10/D/O/1998 tanggal 23 Pebruari 1998 diberi nama AKADEMI AKUNTANSI PEMBANGUNAN dengan singkatan AAP Tanjungpinang secara formal telah diresmikan pada hari Sabtu tanggal 12 September 1998 oleh bapak Abdul Manan. S Bupati KDH Tingkat II Kepulauan Riau, yang juga dihadiri oleh Bapak Ir. Yusrizal mewakili Ketua Kopertis Wilayah X Padang serta para undangan lainnya. Selanjutnya pada tahun 2006 Akademi Akuntansi Pembangunan (AAP) Tanjungpinang memperpanjang Izin Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi Akuntansi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 661/D/T/2006 tanggal 07 Februari 2006.

Selanjutnya Pada tahun 2006 Yayasan Pembangunan Pendidikan Kejuruan (YPPK) Tanjungpinang mengajukan proposal pengembangan Akademi Akuntansi Pembangunan (AAP) Tanjungpinang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang ke Dirjen Pendidikan Tinggi Jakarta. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya pada tahun 2008 ijin STIE Pembangunan Tanjungpinang keluar dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 160/D/O/2008 tanggal  05 Agustus 2008 tentang Pemberian ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Perubahan Bentuk Akademi Akuntansi Pembangunan di Tanjungpinang menjadi STIE Pembangunan Tanjungpinang diselenggarakan oleh Yayasan Pembangunan Pendidikan Kejuruan Tanjungpinang. Adapun Program-Program Studi yang dibuka pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang ada 2 (dua) Program Studi  yaitu :

  1. Program Studi Manajemen (S1)
  2. Program Studi Akuntansi (S1) 

(Shadow)